Kamis, 11/07/2019

Jabatan Strategis Perusda Kaltim Harus dari Kalangan Profesional

Kamis, 11/07/2019

Veridiana Huraq Wang

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Jabatan Strategis Perusda Kaltim Harus dari Kalangan Profesional

Kamis, 11/07/2019

logo

Veridiana Huraq Wang

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Persoalan krusial membelit peusahaan daerah yang berimbas pada minimnya pendapat mereka, salah satunya, hirarki yang ada dibatang tubuh perusda tersebut. 

Hal ini dinilai Anggota Pansus LKPj Pemerintah Provinsi Kaltim Tahun Anggaran 2018, Veridiana Huraq Wang membuat perusda menjadi kurang sehat. "Bayangkan, perusda untuk pengawasannya dibawah biro ekonomi, sementara jabatan stategis seperti komisaris-komisaris di perusda itu dijabat oleh mereka yang posisinya jabatannya lebih tinggi di pemerintahan provinsi," ungkap Veridiana.

Kondisi tersebut membuat pengawasan menjadi tak maksimal sebab bagaimana mungkin seorang bawahan mau menegur atasannya pasti sungkan dan ada ada rasa takut. "Misalnya biro ekonomi melalukan evaluasi terhadap salah satu perusda dan hasilnya kurang baik, terus bagaimana mau menegur kalau ada atasannya menjadi petinggi diperusda itu," imbuhnya.

Kalau kondisi ini terus dibiarkan maka akan menghambat kinerja sehingga perusda sulit untuk tumbuh dan berkembang sehingga sulit untuk bersaing ditengah semakin ketatnya persaingan di dunia usaha. 

Politikus PDIP itu menyebutkan guna mengatasi persoalan tersebut perlu dilakukan evaluasi menyeluruh dalam tubuh perusda khususnya yang berkaitan dengan posisi jabatan strategis seperti dewan direksi dan komisaris harus dari kalangan profesional.

Idealnya, jabatan anggota komisaris dan direksi diangkat berdasarkan pertimbangan integritas, dedikasi, memahami masalah-masalah manajemen perusahaan yang berkaitan dengan salah satu fungsi manajemen, memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha Persero tersebut, serta dapat menyediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan tugasnya. "Kan terlihat perusda itu sehat atau tidak dari kinerjanya tiap tahunnya dan bagaimana langkah yang diambil ketika ada persoalan. Kalau terus merugi padahal sudah dievaluasi berkala maka kami sarankan untuk di gabung saja agar lebih efesien dan efektif," sebut Veridiana. (adv/*2)

Jabatan Strategis Perusda Kaltim Harus dari Kalangan Profesional

Kamis, 11/07/2019

Veridiana Huraq Wang

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.