Selasa, 03/09/2019

Kaltim Primadona, Narkoba Meningkat, Warga Diminta Waspada

Selasa, 03/09/2019

Syafruddin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kaltim Primadona, Narkoba Meningkat, Warga Diminta Waspada

Selasa, 03/09/2019

logo

Syafruddin

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA -  Meningkatnya kasus peredaraan narkoba  mengundang keprihatinan dari politikus muda Karang Paci, Syafruddin. Wakil rakyat di DPRD Kaltim ini mengajak masyarakat agar lebih waspada terhadap peredaran barang haram tersebut.

Seperti diketahui, pihak kepolisian telah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba lebih dari 25 kilogram di seluruh wilayah di Kaltim. Bahkan, ada satu kasus narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 1 kilogram yang berhasil digagalkan. 

“Tingginya kasus semacam ini tentu menunjukkan Kaltim masih menjadi daerah primadona atas peredaran barang haram dimaksud. Saya berharap masyarakat khususnya para orang tua lebih waspada pada keluarga dan lingkungannya masing-masing,” jelas Syafruddin.

Ada beberapa indikator yang menyebabkan tingginya peredaran narkoba, diantaranya masih adanya permintaan dan berbagai modus baru yang dapat menghindari kecurigaan. “Kalau tidak ada yang beli narkoba tidak mungkin ada, sebab itu pola untuk memberikan pemahaman dan kesadaran akan dampak negatif narkoba harus terus digalakkan,” paparnya lagi.

Pendekatan persuasif yakni dengan mengedepankan upaya pencegahan sangatlah penting dilakukan, hal ini dimaksudkan guna mengurangi jumlah pengedar dan pengguna narkoba dari berbagai jenis.

Selain itu, penerapan hukum juga hendaknya mengedepankan rehabilitasi bagi para pecandu dan bukan memenjarakannya. Pasalnya, program yang ada di rehabilitasi adalah salah satu cara efektif untuk sebuh. “Kaltim sendiri telah memiliki payung hukum berupa Peraturan Daerah nomor 5 Tahun tentang pencegahan penyalahgunaan inhailan yang korbannya rata-rata dari kalangan usia muda. Oleh karena kampanye perang narkoba harus terus digaungkan,” tutup Syafruddin. (adv/*2)

Kaltim Primadona, Narkoba Meningkat, Warga Diminta Waspada

Selasa, 03/09/2019

Syafruddin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.