Senin, 21/10/2019

Curah Hujan Tinggi, Waspada DBD, Terapkan 3M Plus

Senin, 21/10/2019

Anggota DPRD Kaltim, Marthinus

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Curah Hujan Tinggi, Waspada DBD, Terapkan 3M Plus

Senin, 21/10/2019

logo

Anggota DPRD Kaltim, Marthinus

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Curah hujan di beberapa kabupaten/kota di Kaltim dalam sepekan ini terpantau makin tinggi. Seiring dengan tibanya musim hujan, Anggota DPRD Kaltim Marthinus mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pasalnya, pasien dari penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti tersebut sudah mulai bermunculan di tempat pelayanan kesehatan. Salah satunya puskesmas di Melak, Kabupaten Kutai Barat.

Marthinus pun meminta agar masyarakat mengenal gejala penyakit DBDb serta mencegah dan menanggulanginya dengan baik agar terhindar dari penyakit tersebut.

Dia menyebutkan, gejala awal DBD adalah demam tinggi mendadak yang berlangsung sepanjang hari, nyeri kepala, nyeri saat menggerakkan bola mata, dan nyeri punggung. Kadang disertai tanda-tanda pendarahan serta pada kasus yang lebih berat dapat menimbulkan nyeri ulu hati, perdarahan saluran cerna, shock, hingga menyebabkan kematian. 

“Bila terdapat anggota keluarga yang mengalami gejala penyakit tersebut, diimbau segera membawa ke sarana kesehatan,” imbau Marthinus, Senin (21/10/2019).

Sementara itu untuk pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun luar rumah. Antara lain memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk.

“Pencegahan demam berdarah yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M plus, yaitu menguras, menutup, dan mengubur, serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk,” tuturnya.  (adv/*4)

Curah Hujan Tinggi, Waspada DBD, Terapkan 3M Plus

Senin, 21/10/2019

Anggota DPRD Kaltim, Marthinus

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.