Rabu, 11/12/2019

Jaga Lingkungan Agar Oksigen Laut Tak Berkurang

Rabu, 11/12/2019

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sutomo Jabir

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Jaga Lingkungan Agar Oksigen Laut Tak Berkurang

Rabu, 11/12/2019

logo

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sutomo Jabir

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA Masyarakat Kaltim terutama yang tinggal di kawasan pesisir diminta menjaga kelestarian laut beserta ekosistemnya agar terpelihara hingga generasi mendatang. 

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sutomo Jabir yang menyebut berdasarkan penelitian dari badan konservasi International Union for Conservation of Nature (IUCN), terdapat 700 lautan di dunia mengalami kekurangan oksigen di laut.

Kurangnya tingkat oksigen mengancam kelestarian kehidupan bawah laut terutama spesies yang membutuhkan banyak oksigen seperti hiu, paus, kura-kura dan lainnya.

Kaltim sendiri terhadapat sejumlah kawasan laut yang rentan mengalami pengurangan oksigen tidak hanya karena polusi dan pemanasan global saja tetapi juga karena pencemaran yang mengancam keberlangsungan kelestarian laut.

Karena itu dirinya mengajak pemerintah provinsi dan kabupaten/kota khususnya yang daerahnya terdapat laut agar melalukan pemetaan wilayah khususnya pada kawasan rentan terjadinya iligal fishing dan pencemaran perairan. 

Selain pemerintah, pihaknya juga mendorong kepada perusahaan agar turut serta mengkampanyekan dan memberikan contoh tentang bagaimana pentingnya menjaga lingkungan laut. Seperti melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melibatkan masyarakat melakukan aksi bersih-bersih laut. "Salah satu pencemaran yang menimbulkan bahaya bagi kehidupan bawah laut adalah nitrogen dan fosfor yang biasa diterdapat pada limbah industri. Kebiasaan agar tidak membuang sampah diperairan dan tidak menggunakan pukat harimau yang menyebabkan kehancuran ekosistem laut yaitu kerusakan terumbu karang yang merupakan habitat ikan dan juga merusak rumput laut," kata Sutomo. (adv)

Jaga Lingkungan Agar Oksigen Laut Tak Berkurang

Rabu, 11/12/2019

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sutomo Jabir

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.