Selasa, 17/12/2019

Produksi Jagung Harus Dimaksimalkan

Selasa, 17/12/2019

Baharuddin Demmu

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Produksi Jagung Harus Dimaksimalkan

Selasa, 17/12/2019

logo

Baharuddin Demmu

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Pertanian di Kaltim diharapkan di masa mendatang semakin mendapat perhatian lebih baik dari pemerintah,  seiring dengan cita-cita daerah menjadi produsen jagung yang mampu menyediakan kebutuhan jagung hingga keluar Kaltim. 

Mendukung hal tersebut perluasan wilayah tanam jagung perlu ditambah tak hanya diwilayah sentra produksi jagung seperti di Kabupaten Berau. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu. Menurutnya, untuk meningkatkan hasil bantuan penggunaan mobil pengering jagung juga diperlukan untuk menambah produksi jagung.

Dicontohkannya, mobil mesin pengering jagung karya anak bangsa yang bisa mengeringkan jagung hingga satu ton per jam bisa menjadi alternatif yang dapat digunakan petani jagung. "Jika dibandingkan dengan menjemur akan lebih efektif dan sangat membantu petani jagung apabila diberikan bantuan mesin tersebut. Selain itu efektifitas mobil mesin pengering jagung yang dapat menjangkau berbagai daerah langsung berdekatan dengan wilayah pertanian jagung. Maka selain menghemat waktu juga akan menghemat biaya akomodasi serta menghasilkan jagung yang lebih berkualitas," papar Demmu. 

Dengan lebih cepat kering maka jagung minim potensi terkontaminasi, hasil pengeringan juga telah disesuaikan. Namun bantuan benih, pupuk dan tenaga penyuluh dan pendamping juga masih yang utama. (adv/*3)

Produksi Jagung Harus Dimaksimalkan

Selasa, 17/12/2019

Baharuddin Demmu

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.