Rabu, 12/02/2020

DPRD Kaltim Segera Rampungkan Raperda RZWP3K

Rabu, 12/02/2020

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

DPRD Kaltim Segera Rampungkan Raperda RZWP3K

Rabu, 12/02/2020

logo

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - DPRD Kaltim segera merampungkan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) terkait zonasi kelautan atau Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) yang ada di Kaltim. 

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK menegaskan pihaknya tengah kembali membahas revisi draft RZWP3K tersebut mengingat sampai saat ini perampungan draft yang tak kunjung selesai, masih menjadi penghambat  potensi kelautan yang di Kaltim.

"Laut kan sangat luas, tentu harus betul-betul kita payungi dengan perda ini, baik pusat, provinsi dan kabupaten wajib bersama-sama menjaga potensi laut," ucapnya saat diwawancarai usai rapat paripurna, Senin (10/2/2020) di Gedung DPRD, kemarin.

Perda tersebut dianggap melegitimasi, sekaligus melanggengkan perampasan ruang hidup masyarakat pesisir di Indonesia melalui sejumlah proyek pembangunan.  "Pihak-pihak yang bertanggung jawab baik pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kota harusnya tidak lagi saling melempar persoalan kewenangan," sebut Makmur lagi. 

Seperti diketahui, yang menjadi acuan pengeluaran ijin pemanfaatan ruang laut yang menjadi kewenangan baru bagi provinsi atas pengelolaan ruang laut yang meliputi perhubungan laut, perikanan, pertambangan, pariwisata, pertahanan, lingkungan hidup, penelitian, biofarma, pemipaan dan kabel bawah laut.

Selain itu, sebagai langkah evaluasi, Makmur berharap Raperda Kaltim dan Raperda Kota bisa saling bersinergi. "Harapan saya ke depan kita bukan hanya bicara perda-perda sistem zonasi kelautan semata, Kita optimis untuk menyelesaikan raperda itu di tahun ini," tuturnya. (*/adv1)


Editor: Aspian Nur

DPRD Kaltim Segera Rampungkan Raperda RZWP3K

Rabu, 12/02/2020

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.