Rabu, 13/05/2020

Batasi Penggunaan Gawai pada Anak

Rabu, 13/05/2020

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Jawad Sirajuddin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Batasi Penggunaan Gawai pada Anak

Rabu, 13/05/2020

logo

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Jawad Sirajuddin

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA- Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Jawad Sirajuddin mengimbau agar orang tua melakukan pengawasan kepada putra-putrinya selama berada di rumah. 

Menurutnya, para orang tua berkewajiban memberikan pendidikan dan bimbingan sekaligus mampu mengajak anak berinteraksi agar tidak merasa bosan selama berada di rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga psikis anak tetap sehat.

Berada di rumah dalam waktu yang cukup lama membuat anak akan terfokus pada kegiatan yang dapat mengusir rasa bosan seperti bermain gawai.

 Persoalannya, penggunaan gawai berlebihan justru menimbulkan sejumlah masalah bagi anak.

“Anak-anak menjadi kurang bermain kegiatan fisik dan justru menjadi ketagihan dengan handpohne dan sejenisnya. Efek negatifnya membuat semangat belajar anak berkurang dan membuat malas bergerak.Tayangan televisi juga bisa memberikan efek lelah pada mata dan banyak tayangan yang belum layak untuk anak dan memerlukan dampingan orang tua. Kerjasama kedua orang tua dalam mendidik keluarga sangatlah diperlukan terlebih di masa seperti sekarang,"ujarnya.

Selain itu, penggunaan gawai berlebihan juga menimbulkan persoalan kesehatan seperti berkurangnya fokus mata, gangguan ginjal dan lainnya sebab ketika asyik bermain biasanya anak malas beristirahat, makan dan minum.

Oleh sebab itu, pentingnya penerapan pembagian waktu antara bermain, belajar, dan beribadah serta berbagai kegiatan positif lainnya yang dapat meningkatkan kualitas inteligensi, spiritual dan karakter anak. (adv/*2)


Editor: M. Huldi

Batasi Penggunaan Gawai pada Anak

Rabu, 13/05/2020

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Jawad Sirajuddin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.