Kamis, 20/09/2018

Segera Rekam Data KTP-el Sebelum Kena Blokir

Kamis, 20/09/2018

Perekaman KTP el di Wilayah Kutim

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Segera Rekam Data KTP-el Sebelum Kena Blokir

Kamis, 20/09/2018

logo

Perekaman KTP el di Wilayah Kutim

KORANKALTIM.COM, SANGATTA — Masyarakat Kutai Timur yang sama sekali belum pernah melakukan perekaman data pribadi diminta oleh Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kutai Timur datang ke kantor mereka untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Kutai Timur Januar saat ditemui korankaltim.com Kamis (20/9/2018) siang tadi. “Selain ke kantor Capil bisa juga datang ke kantor kecamatan untuk melakukan perekaman,” kata Januar sembai menambahkan kalau perekaman KTP-el hanya berlaku untuk mereka yang berusia diatas 17 tahun

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mengeluarkan keputusan kalau seluruh penduduk Indonesia wajib melakukan perekaman KTP elektronik. Apabila sampai 31 Desember 2018 belum didata maka seluruh layanan public akan memblokir identitasnya.

"Kami diminta harus menuntaskan perekaman KTP-el hingga akhir 2018 ini kalau setelah tanggal 31 Desember 2018 tidak melakukan perekaman terpaksa data diri yang ada akan  diblokir dan tidak dapat digunakan kepada seluruh pelayanan publik," paparnya. 

Pelayanan publik yang dimaksud antara lain mengurus SIM, asuransi, BPJS, bayar pajak kendaraan dan segala jenis pelayanan publik yang menggunakan identitas pribadi.

Diharapkan Januar warga tidak memiliki data ganda, namun  hanya memiliki satu identitas, untuk membuat KTP el harus melakukan perekaman sehingga nantinya yang terbit data tunggal, mengandung zip yang terkandung elemen datanya yang bersangkutan.

"Kami juga melakukan perekaman dengan sistem jemput bola, insha Allah minggu depan melakukan perekaman di Kecamatan  Kaliorang ada beberapa desa yang meminta kami. nanti akan kami belikan alat untuk menambah kekuatan kepada sinyal dan bisa merekam melalui  online dan cetak ditempat," sebutnya. (*)


Penulis Yuli

Editor: Aspian Nur

Segera Rekam Data KTP-el Sebelum Kena Blokir

Kamis, 20/09/2018

Perekaman KTP el di Wilayah Kutim

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.