Selasa, 26/05/2020

Trafik Data Selular Melonjak, Bahkan Sejak Pekan Ketiga Ramadan

Selasa, 26/05/2020

Ilustrasi trafic internet (freepik.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Trafik Data Selular Melonjak, Bahkan Sejak Pekan Ketiga Ramadan

Selasa, 26/05/2020

logo

Ilustrasi trafic internet (freepik.com)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Kebijakan pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak bersilaturahmi saat Lebaran membuat aktivitas penggunaan data internet dan jaringan selular meningkat.

Hal ini, karena masyarakat memilih menggunakan layanan telepon video dan hingga belanja daring untuk menggantikan silaturahmi dan belanja di supermarket. Kondisi tersebut  bahkan terjadi jauh sebelum Idulfitri.  Hingga pekan ketiga bulan Ramadan, 3 Indonesia selaku jaringan selular telah mencatat kenaikan lalu lintas data sebesar 22 persen dibandingkan bulan sebelumnya, atau sebesar 48 persen jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu. 

Kenaikan ini sesuai dengan prediksi 3 Indonesia yang sebelumnya memperkirakan adanya lonjakan penggunaan internet yang lebih besar selama bulan Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena didorong oleh imbauan dari pemerintah untuk beraktivitas dari rumah selama masa pandemi berlangsung. 

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia M. Buldansyah mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun tim teknikal 3 Indonesia, kenaikan lalu lintas data selama tiga minggu pertama bulan Ramadan didominasi oleh penggunaan layanan e-commerce sebesar 77 persen yang disebabkan maraknya aktivitas belanja daring selama bulan Ramadan berlangsung. 

3 Indonesia menyebut  tren ini terus berlanjut dan mencapai puncaknya pada pekan perayaan Idulfitri 1441 Hijriyah lalu. Daerah yang mengalami kenaikak trafik layanan tertinggi diantaranya Kisaran, Sumatera Utara (9 persen), dan Cianjur-Sukabumi (8 persen) dan kemudian diikuti oleh Karawang, Serang dan Tasikmalaya (7 persen). Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya penerapan PSBB di beberapa daerah tersebut.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, banyak pelanggan 3 Indonesia yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Silaturahmi kini dilakukan melalui pesan singkat, dan video call. Untuk selalu menghubungkan seluruh pelanggan, kami melakukan optimisasi kualitas dan kualitas jaringan agar pelanggan tetap dapat menjalankan ibadah dan silaturahmi di Hari Raya dengan nyaman meskipun harus tetap berada di rumah masing-masing,” ujar M Buldansyah melalui rilis diterima Korankaltim.com, Selasa (26/05/2020) pagi tadi sembari menambahkan pihkanya  masih mengkalkulasi berapa kenaikan trafik pada saat puncak Idulfitri selama dua hari, Ahad dan Senin kemarin. [*]


Penulis : Rusdi

Editor: Aspian Nur

Trafik Data Selular Melonjak, Bahkan Sejak Pekan Ketiga Ramadan

Selasa, 26/05/2020

Ilustrasi trafic internet (freepik.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.