Rabu, 14/11/2018

RIBUT-RIBUT PI BLOK MAHAKAM, ISRAN PUNYA RENCANA LAIN

Rabu, 14/11/2018

COver Koran Kaltim

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

RIBUT-RIBUT PI BLOK MAHAKAM, ISRAN PUNYA RENCANA LAIN

Rabu, 14/11/2018

logo

COver Koran Kaltim

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG – Kutai Karanegara sedang bergejolak. Pejabat, aktivis hingga mahasiswa memprotes pembagian Participating Interest (PI) 10 persen di Blok Mahakam. Namun rupanya, Gubernur Kaltim Isran Noor justru punya rencana lain di balik pembagian kue migas itu.

Apa rencana Isran Noor? Mantan Bupati Kutai Timur ini justru menginginkan agar pembagian PI 66,5 untuk Pemprov Kaltim dan 33,5 persen untuk Kukar tak diributkan. Sebab, Kukar dan Kaltim mestinya berjuang bersama untuk meningkatkan PI 10 persen itu ke Pemerintah Pusat. Isran menyadari PI 10 persen yang diwariskan pusat amat sedikit. 

“Saya ndak terlalu tertarik dengan persoalan bagi PI 50:50 persen atau 66,5:33,5 itu. Aku tertarik itu ngurusi bagaimana lebih besar dapatnya Kaltim ini, bukan cuma 10 persen, 50 persen kalau perlu 100 persen,” cetus Isran ditemui saat penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kecamatan Muara Wis, Selasa (13/11). 

“Kalau sepuluh persen itu, mohon maaf aja (tidak tertarik, Red),” sambung Isran.

Karena ingin memperjuangkan porsi yang lebih besar bagi daerah, Isran enggan mengumbar janji terkait tuntutan Kukar yang menginginkan PI 50:50.  

Ia juga meminta agar rakyat menunggu hasil. Urusan perjuangkan, biar ia yang ‘merayu’ Pemerintah Pusat. Isran dengan tegas menyebut memperebutkan porsi 10 persen itu hanya buang-buang energi.  “Saya ndak mau banyak janji lagi, tunggulah pada saatnya, kalian bakal tahu nanti bagaimana saya lakukan  sesuatu untuk rakyat Kalimantan Timur. 10 persen (saja, Red) direbutkan, ngehabisin baterai saja itu,” pungkasnya. 

Senin, awal pekan tadi,  ratusan warga Kukar yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Kukar Bersatu menggelar aksi “Kongres Rakyat Kukar Menggugat” menuntut revisi pembagian PI Blok Mahakam. 

Aksi yang diawali di gedung DPRD Kukar dan long march ke Kantor Bupati Kukar ini buntut rasa tak puas rakyat Kukar dengan porsi pembagian PI oleh Pemprov Kaltim. Kukar sebagai daerah eksploitasi Blok Mahakam menuntut pembagian PI minimal 50:50. Pembagian PI itu sendiri telah diteken Gubernur Kaltim sebelumnya, Awang Faroek Ishak. 

Koalisi Rakyat Kukar Bersatu berisi sejumlah organisasi, seperti KNPI Kukar, Sempekat Keroan Kutai, organisasi kemahasiswaan, hingga forum camat dan lurah.

Aksi Koalisi Rakyat Kukar Bersatu ini mendapat dukungan Plt Bupati Edi Damansyah dan Ketua DPRD Salehuddin yang ditandai dengan penandatanganan  kain sepanjang 100 meter. (rf218) 

RIBUT-RIBUT PI BLOK MAHAKAM, ISRAN PUNYA RENCANA LAIN

Rabu, 14/11/2018

COver Koran Kaltim

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.