Senin, 12/04/2021

Pecinta Ikan Wajib Tahu !!! Simak Perbedaan Ikan Mas Berdasarkan Golongan Hias atau Konsumsi

Senin, 12/04/2021

Jenis-jenis ikan mas ( Foto: istimewa)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Pecinta Ikan Wajib Tahu !!! Simak Perbedaan Ikan Mas Berdasarkan Golongan Hias atau Konsumsi

Senin, 12/04/2021

logo

Jenis-jenis ikan mas ( Foto: istimewa)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Tak sedikit  pecinta ikan yang mencari harga ikan mas yang masih tergolong murah. Mereka biasanya mencari ke penjual  atau peternak langsung. Tidak hanya dijual per ekor, ikan mas juga dijual per kilogram. 

Para pembudidaya mengembangkan  ikan mas baik yang untuk konsumsi atau untuk ikan hias.

Ikan mas termasuk ikan air tawar yang sudah tersebar di Indonesia dengan nilai ekonomis yang penting. 

Apalagi pergerakan ikan mas ini gesit dengan adanya sisik berwarna orange sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan.

Badannya memiliki bentuk yang panjang dengan sisik hampir memenuhi seluruh tubuhnya. Hanya ada sebagian yang tidak memiliki sisik penuh. Habitat dari ikan mas berada di air yang kondisinya jernih dan tenang. Jadi, Anda bisa melihat kecantikan ikan mas hias. 

Tapi, belum banyak yang tahu, kalau ikan mas terbagi menjadi dua golongan yaitu golongan ikan mas yang bisa dikonsumsi dan golongan ikan mas hias.

Berikut, Korankaltim.com, merangkumnya untuk anda.


Ikan Mas Majalaya (bibitikan.net)

 1.  Ikan Mas Majalaya

Nama ikan mas yang bisa dikonsumsi ini menandakan tempat pertama kalinya dikembangbiakan yaitu di Majalaya, Kabupaten Bandung. Memiliki ukuran tubuh pendek dengan punggung yang lebih membungkuk sedikit berbeda jika dibandingkan dengan ikan mas lain. Mempunyai sisik berwarna hijau keabu-abuan dengan bagian tepinya berwarna lebih gelap. Pada area bawah insang bawah sirip ekor warnanya kekuningan.

Ikan mas majalaya termasuk ikan yang jinak dan biasanya anda dapat melihatnya dengan mudah karena biasanya berenang di permukaan air. Telur yang dihasilkan ikan mas majalaya cukup banyak dengan jumlah 84.000 hingga 110.000 butir per indukan. Ikan mas majalaya mempunyai kelebihan dimana pertumbuhan lebih cepat. Soal rasa, ikan mas majalaya mempunyai rasa gurih dan lezat.



Ikan Mas Taiwan (tanahkaya.com)

2. Ikan Mas Taiwan

Ikan mas konsumsi selanjutnya adalah ikan mas taiwan. Badan ikan mas taiwan ini memanjang dengan punggung yang agak bulat. Warna pada sisiknya adalah hijau kekuningan hingga kuning kemerahan di area bagian bawah. Ikan mas majalaya sangat peka terhadap makanan. Sehingga saat Anda menyebarkan makanan di permukaan ikan akan saling berebut.



Ikan Mas Yamato (bacaterus.com)

3. Ikan Mas Yamato

Jenis ikan ini tidak begitu populer di kalangan para peternak ikan mas. 

Tetapi jenis ikan ini lebih banyak dibudidayakan di Jepang dan juga Cina. Sedangkan di Indonesia sepi peminat. Bentuk badan ikan mas yamato memanjang dengan bagian sisik yang mempunyai warna hijau kecoklatan. Ikan mas yamato memiliki kelebihan yaitu dapat hidup di habitat perairan hangat maupun dingin. 



Ikan Mas Lokal (infoikan.com)

4. Ikan Mas Lokal

Jenis ikan mas yang satu ini banyak ditemukan di Indonesia dengan bentuk tubuh kombinasi dari beragam jenis ikan mas. Kemungkinan ikan mas lokal ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang tidak terkontrol.



Ikan Mas Rajadanu (net)

5. Ikan Mas Rajadanu

Ikan ini termasuk jenis ikan hasil pengembangan IPPTP Mataram bekerjasama dengan Balitkanwar Sukamandi. Bentuk badannya memanjang dengan sisik yang memenuhi tubuhnya dengan ukuran normal. Warna sisik pada ikan mas rajadanu hijau keabuan. Sisik gelap yang ada di punggung akan memutih saat mendekati bagian perut. Jumlah telur yang dihasilkan ikan mas rajadanu jumlahnya berkisar 148.000 hingga 151.000 butir.



Ikan Mas Koki Komet (sukaikan.com)

6. Ikan Mas Kaki Komet

Harga ikan mas kaki komet berkisar mulai Rp 5.000. asal ikan mas kaki komet diperkirakan dari Washington. Ikan mas hias ini terdiri dari beberapa varian dan yang paling populer memang ikan mas kaki komet berwarna orange metalic. 

Bentuk tubuhnya ramping dengan bagian sirip terlihat memanjang. Apalagi sirip ekornya mempunyai panjang hingga tiga perempat ukuran tubuh. Bentuk ujung sirip ekornya lebih runcing jika dibanding ikan mas lainnya. Ada lagi sirip pada bagian dada dan perut.  


Olahan Ikan Mas

Jika Anda berencana membuat menu olahan ikan mas, ada beragam resep yang bisa Anda buat. 

Hanya tinggal mengolahnya dengan menggunakan bahan lainnya. Anda pun bisa mengolahnya baik dengan cara dikukus atau dibakar. Seperti salah satunya pepes ikan mas. Bungkus ikan menggunakan daun pisang kemudian tambahkan daun kemangi untuk memberikan aroma sedap. Selanjutnya ikan mas bakar yang tentunya menjadi favorit banyak orang. Cara memasaknya hanya dengan mencelupkan ke bumbu yang sudah dihaluskan. Tentu masih banyak olahan yang bisa Anda coba dengan beragam harga ikan mas yang berbeda disetiap daerahnya.[]


Olahan Ikan Mas (grid.id)



Penulis/editor : Rusdi

Sumber : Diolah dari berbagai sumber.

Pecinta Ikan Wajib Tahu !!! Simak Perbedaan Ikan Mas Berdasarkan Golongan Hias atau Konsumsi

Senin, 12/04/2021

Jenis-jenis ikan mas ( Foto: istimewa)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.