Kamis, 10/02/2022

SMAN 2 Kota Bangun Konsisten Hasilkan Berbagai Prestasi

Kamis, 10/02/2022

Berbagai prestasi yang diraih SMAN 2 Kota Bangun (SMAN2Koba.dok)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

SMAN 2 Kota Bangun Konsisten Hasilkan Berbagai Prestasi

Kamis, 10/02/2022

logo

Berbagai prestasi yang diraih SMAN 2 Kota Bangun (SMAN2Koba.dok)

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Berprestasi dan berteknologi tapi tetap berbudi pekerti luhur menjadi misi pembelajaran yang dilakukan SMA Negeri 2 Kecamatan Kota Bangun. Kepala SMAN 2 Kota Bangun, Winarno mengatakan adapun visi dari sekolah yang dipimpinnya ialah menyelenggarakan pendidikan yang berbudi pekerti dan berakhlak luhur, cerdas, kreatif, inovatif dan melek teknologi. 

Maka tidak heran, jika SMAN 2 Kota Bangun juga mampu berprestasi dan rutin mendapatkan penghargaan sejak 2009 hingga sekarang.

"Tahun 2009 juara harapan 1 OSN Matematika Tingkat Kabupaten. Tahun 2020 juara 1 Video kreatif tema lingkungan tingkat Kubar-Kukar yang diselenggarakan WWF karesidenan Kubar-Kukar. Tahun 2020 juara 3 Tiktok Kreatif dengan tema Covid-19 yang diselenggarakan oleh Unmul, tahun 2020 juara 3 video inspiratif tema covid-19 yang diselenggarakan oleh Unmul, tahun 2020 juara III karya tulis ilmiah remaja tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Balitbangda Kabupaten Kukar," katanya kepada korankaltim.com, Kamis (10/2/2022).

Winarno menjelaskan melek teknologi memang menjadi konsen SMAN 2 Kota Bangun yang nota bene terletak cukup jauh dari pusat pemerintahan kabupaten ini. 

Untuk meningkatkan kemampuan dalam hal teknologi digital yang dilakukan sekolah adalah meningkatkan jumlah komputer yang tiga tahun yang lalu baru berjumlah 10 sekarang sudah 60 unit lebih. Meningkatkan kapasitas WiFi yang semula Wifi biasa dengan kapasitas 10 MBps sekarang menggunakan astinet dengan kapasitas 84 MBps. 

Mengadakan pelatihan pembelajaran digital terhadap para guru dan staf yaitu tahun 2019 mengadakan pelatihan E-Rapor. Tahun 2020 mengadakan pelatihan platform pembelajaran daring google form, Google classroom, tahun 2021 mengadakan pelatihan Microsoft 365. Melengkapi pembelajaran di kelas dengan peralatan digital dengan menyediakan chromebook dan proyektor di kelas.

Mengadakan kursus komputer dasar bersertifikat bagi siswa kelas 12 selama 3 bulan  untuk bekal keterampilan tambahan setelah lulus. Kemudian meningkatkan daya listrik dari 6.600 kWh menjadi 23.000 kWh untuk menunjang kegiatan laboratorium komputer. Menyediakan fasilitas Website, Facebook, instagram dan chanel youtube sekolah. 

"Tahun ini diprogramkan pembuatan podcast sekolah," jelasnya.

Untuk meningkatkan karakter siswa sehingga siswa siswi SMAN 2 Kota Bangun Berbudi pekerti yang luhur maka dilakukan enam kelompok kegiatan, yang pertama kegiatan yang mempu mengasah bakat minat siswa. Kedua kegiatan yang mampu melatih kemampuan siswa dalam berorganisasi dan ketiga kegiatan yang dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Empat kegiatan yang mampu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, kelima kegiatan yang mampu meningkatkan penghormatan dan penghargaan terhadap orang yang lebih tua dan empati terhadap sesama dan keenam kegiatan yang mampu membuat siswa tetap teguh dalam bela negara sehingga cinta tanah air dan bangsa tumbuh dan  berkembang.

"Guna meningkatkan karakter siswa SMAN 2 Kota Bangun sehingga bakat dan minatnya tumbuh dan berkembang, sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yaitu bola voli, basket, tari, habsyi, tenis meja, sepak bola, pembinaan OSN dan pramuka," demikian Winarno.


Penulis: Muhammad Heriansyah

Editor: Supiansyah

SMAN 2 Kota Bangun Konsisten Hasilkan Berbagai Prestasi

Kamis, 10/02/2022

Berbagai prestasi yang diraih SMAN 2 Kota Bangun (SMAN2Koba.dok)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.