Minggu, 26/05/2019

4 Aplikasi Bayar Zakat di Era Digital

Minggu, 26/05/2019

Ilustrasi/KoranKaltim. Com

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

4 Aplikasi Bayar Zakat di Era Digital

Minggu, 26/05/2019

logo

Ilustrasi/KoranKaltim. Com

KORANKALTIM.COM - Selain berpuasa, umat muslim juga diwajibkan menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadan. Zakat tersebut nantinya dikumpulkan untuk disalurkan ke penerima zakat atau mustahik.

Di era digital saat ini, muzakih atau pemberi zakat tidak lagi harus ke lembaga pengumpul zakat. Pasalnya, sudah ada beberapa aplikasi daring yang memudahkan pembayaran zakat.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Berikut ini empat aplikasi yang menyediakan layanan zakat dan bisa diunduh di PlayStore untuk Android dan AppStore untuk iOS.

1. DANA

Dompet digital ini telah membuat fitur baru yakni Zakat & Donasi yang merupakan hasil kerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan layanan berzakat dan berdonasi secara daring.

Pada bulan Ramadan, DANA membuat fitur baru yakni Zakat & Donasi. Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara DANA dengan Yayasan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan layanan berzakat dan berdonasi secara digital.

Ada beberapa opsi dalam fitur tersebut diantaranya donasi untuk 10 ribu bingkisan lebaran, air untuk kehidupan, sekolah tanpa batas, beasiswa untuk negeri, pembebasan gizi buruk dan membantu kalangan disabilitas.

2. Kitabisa

Zakat yang dibayarkan melalui aplikasi Kitabisa disalurkan ke sejumlah mitra seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap, LAZISNU-NU CARE, dan Rumah Zakat.

Bagi pengguna yang sudah memiliki akun Kitabisa, terdapat menu bertuliskan 'Tap Zakat' lalu pilih lembaga mitra zakat Kitabisa, klik Zakat langsung kemudian isinominal zakat yang akan dibayarkan dan pilih metode pembayaran.

3. Amalin

Melalui Amalin, zakat yang dibayarkan pengguna akan disalurkan ke sejumlah organisasi pemberdayaan masyarakat, pelayanan untuk duafa, dakwah dan advokasi zakat.

Aplikasi ini juga menawarkan pilihan zakat seperti zakat pertambangan, zakat emas, zakat perdagangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakit harta, dan zakat profesi.

Menariknya, pengguna dapat menghitung nominal zakat terlebih dahulu menggunakan Kalkulator Zakat. Setelah itu, dapat langsung membayar zakat dan pilih metode pembayaran.

4. Tokopediazakat

Selama bulan Ramadan ini Tokopedia menyediakan layanan pembayaran zakat yang ada di aplikasi.

Pengguna yang ingin membayar zakat, tap 'Zakat' lalu masukkan jumlah zakat, tap 'Selanjutnya' dan masukkan nomor NPWP, kemudian tap 'Bayar Zakat'. (*)

4 Aplikasi Bayar Zakat di Era Digital

Minggu, 26/05/2019

Ilustrasi/KoranKaltim. Com

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.