Selasa, 05/09/2023

Serbuan Lebah Asia Bikin Eropa Waspada, Bisa Rugikan Negara Hingga Rp7,3 Triliun Setahun

Selasa, 05/09/2023

Lebah Asia yang kehadirannya mengancam ekosistem di negara Eropa. (bbc)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Serbuan Lebah Asia Bikin Eropa Waspada, Bisa Rugikan Negara Hingga Rp7,3 Triliun Setahun

Selasa, 05/09/2023

logo

Lebah Asia yang kehadirannya mengancam ekosistem di negara Eropa. (bbc)

KORANKALTIM.COM - Tahukan anda, kalau lebah bisa membuat Inggris mengalami kerugian ekonomi triliunan rupiah dalam waktu satu tahun? Ya, kondisi itu bisa terjadi menyusul ekspansi lebah dari Asia ke Eropa yang terjadi saat ini.

Penampakan lebah Asia meningkatkan kekhawatiran akan konsekuensi bencana bagi populasi lebah di Inggris di tahun-tahun mendatang. Dengan ukurannya yang lebih besar, lebah invasif dari Asia ini bisa menimbulkan malapetaka di daratan Eropa khususnya di Inggris dimana lebah-lebah tersebut sarangnya ditemukan di East Sussex, Kent, Devon dan Dorset beberapa waktu lalu.

Tak sekadar bersarang, lebah Asia itu mencari makan dengan cara  memakan lebah dan tawon asli Inggris dan merusak keanekaragaman hayati.

Peringatan akan ancaman yang muncul imbas kehadiran lebah Asia dijelaskan para ilmuwan terkemuka lewat rilis laporan global tentang ancaman yang disebabkan oleh spesies invasif.

Mereka mengatakan lebah yang disebut “penyerbu asing” itu berperan dalam 60 persen kepunahan hewan dan tumbuhan dengan kerugian ekonomi yang ditimbulkannya mencapai lebih dari £300 miliar ($380 miliar) per tahun, setara dengan Rp7,3 Triliun.

Laporan yang disusun oleh 86 pakar keanekaragaman hayati ini mengulas ribuan penelitian yang melihat kerusakan ekologi dan ekonomi yang ditimbulkan.

Salah satu penulis laporan tersebut, Prof Helen Roy dari Pusat Ekologi dan Hidrologi Inggris mengatakan perubahan iklim akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

"Ancaman masa depan dari spesies asing yang invasif merupakan kekhawatiran utama. Sebanyak 37 persen dari 37.000 spesies asing yang diketahui saat ini telah dilaporkan sejak tahun 1970, sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya perdagangan global dan perjalanan manusia," kata Helen.

Namun Helen menyebut upaya untuk menjauhkan lebah Asia dari Inggris menunjukkan pentingnya tindakan pencegahan.

Lebah spesies asing itu adalah makhluk hidup yang diangkut ke seluruh dunia oleh manusia ke tempat-tempat yang tidak seharusnya, mulai dari knotweed Jepang hingga jamur yang membunuh pohon ash.

Mereka satu dari lima penyebab utama hilangnya keanekaragaman hayati dan masalahnya diperkirakan akan semakin parah kalau dibiarkan.

Di Folkestone, Kent, sebuah tempat yang menjadi pusat penyebaran lebah Asia, pemelihara lebah Simon Spratley menghitung kerugian yang diderita lebah-lebah mereka akibat serbuan lebah Asia ini.  Predator pemakan lebah menyebabkan kehancuran, dengan 10 dari 17 sarang lebah hilang secara berurutan.

"Serangga-serangga ini akan menetap di sini dan mereka akan memangsa semua serangga, terutama lebah madu - itulah sumber makanan alami mereka," pemilik sarang lebah di tempat tersebut, dilansir dari laman bbc.com Selasa (5/9/2023) hari ini.

"Mereka akhirnya akan menghancurkan atau mempersulit pemeliharaan lebah untuk semua orang dan mengurangi keanekaragaman hayati di daerah Kent dan seluruh Inggris," imbuh mereka. 

Para ilmuwan yang mengunjungi tempat pemeliharaan lebah melihat beberapa lebah Asia yang telah ditangkap dan 20 mil ke utara dekat Ashford, mereka bertemu dengan tim ahli dari Unit Lebah Nasional, sebuah cabang dari Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan yang ditugaskan untuk menangani masalah ini.

Mereka sedang berusaha menemukan dan menghancurkan sarang lebah setelah identifikasi positif di dekatnya.

“Dalam satu tahun kemungkinan besar warga bisa menemukan lebah Asia di kebun mereka yang sedang memakan buah,” kata inspektur lebah, Peter Davies. "Silakan ambil gambarnya, buka aplikasi lebah Asia, lihatlah - bandingkan dan laporkan," sebutnya.

Departemen Lingkungan Hidup mengatakan lebah Asia tidak menimbulkan risiko yang lebih besar bagi kesehatan manusia dibandingkan tawon atau lebah lainnya, namun dapat menyebabkan kerusakan pada koloni lebah madu dan serangga lain yang bermanfaat.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan segera melaporkan setiap penampakan. Penting untuk berhati-hati agar tidak mendekati atau mengganggu sarang lebah. "Dengan memastikan bisa waspada terhadap kemungkinan penampakan sedini mungkin, warga dapat mengambil tindakan yang cepat dan efektif untuk membasmi ancaman yang ditimbulkan oleh lebah Asia," kata kepala petugas kesehatan tanaman dan lebah, Nicola Spence.

Sejauh ini ada 22 penampakan lebah Asia yang telah dikonfirmasi pada tahun 2023, lebih banyak dari gabungan enam tahun sebelumnya. Hal ini dibandingkan dengan hanya dua penampakan lebah Asia yang dikonfirmasi tahun lalu, dua pada tahun 2021 dan satu pada tahun 2020.


Editor: Aspian Nur

Serbuan Lebah Asia Bikin Eropa Waspada, Bisa Rugikan Negara Hingga Rp7,3 Triliun Setahun

Selasa, 05/09/2023

Lebah Asia yang kehadirannya mengancam ekosistem di negara Eropa. (bbc)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.