Selasa, 24/10/2023

Mata jadi Penentu Warna Pakaian yang Cocok untuk Wanita

Selasa, 24/10/2023

(shutterstock)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Mata jadi Penentu Warna Pakaian yang Cocok untuk Wanita

Selasa, 24/10/2023

logo

(shutterstock)

KORANKALTIM.COM - Tak banyak orang yang tahu, terutama kaum wanita, kalau sebenarnya warna pakaian yang paling cocok untuk mereka  ditentukan oleh warna mata.

Peneliti Eropa dari University of St Andrews, Skotlandia mengungkapkan hal ini. Mereka menyebut orang dengan mata biru cocok dengan warna biru yang sejuk, sementara orang dengan mata cokelat gelap terlihat paling cocok dengan kain berwarna oranye atau merah. “Penekanan pada warna kulit untuk pilihan warna pakaian pribadi adalah salah tempat,” kata Profesor David Perrett, penulis utama penelitian ini seperti dilansir dari dailymail.co.uk Selasa (24/10/2023) pagi ini. 

"Warna kulit mungkin penting untuk jarak jauh, seperti untuk pemodelan di atas catwalk, tapi untuk pertemuan intim, seperti makan siang atau wawancara tatap muka, yang penting adalah mata,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, para peneliti melakukan penelitian untuk menguji pentingnya warna kulit seseorang dalam memilih warna pakaian.  Temuan mereka menunjukkan orang berkulit putih paling cocok dengan pakaian biru, sementara orang dengan kulit kecokelatan terlihat lebih baik dalam pilihan warna.  Namun dalam penelitian tersebut, mereka tidak melihat efek dari warna mata atau rambut. 

"Mereka yang berkulit lebih gelap cenderung memiliki pigmentasi yang lebih gelap pada rambut, mata, dan kulit mereka," jelas Dr Perrett.  "Satu diantara fitur-fitur ini dapat menjadi dasar pemilihan warna pakaian,” ucapnya.

Untuk menguji faktor-faktor ini, tim melakukan dua eksperimen.  Percobaan pertama melibatkan foto-foto wanita kulit putih - setengahnya memiliki kulit, rambut dan mata yang terang dan setengahnya lagi memiliki kulit, rambut dan mata yang lebih gelap. 

Foto-foto ini juga diubah sehingga warna kulit wajah yang secara alamiah cerah diubah menjadi kecokelatan, dan warna kulit wajah yang secara alamiah lebih gelap menjadi lebih terang.

Seratus peserta diminta untuk memilih pakaian mana yang paling cocok untuk setiap wajah, dengan pilihan warna di seluruh spektrum. Hasilnya menunjukkan bahwa preferensi warna untuk setiap wajah tetap sama, bahkan ketika pencahayaan telah disesuaikan untuk memberikan warna kecokelatan atau mencerahkan wajah mereka.  Warna merah dipilih untuk wajah yang awalnya gelap, sementara warna biru dipilih untuk wajah yang awalnya terang.  Menurut para peneliti, hal ini menunjukkan peran penting dari warna mata atau rambut.  

Pada percobaan kedua, para peneliti menunjukkan kepada 100 partisipan gambar orang dengan mata terang dan gelap, dan kemudian gambar yang matanya telah ditransplantasikan ke warna yang berlawanan. 

Seperti yang diperkirakan, para partisipan lebih sering memilih warna biru untuk gambar dengan mata terang, dan warna oranye dan merah untuk gambar dengan mata gelap - baik yang alami maupun yang telah ditransplantasi. 

"Kami sangat terkejut dengan banyaknya kesamaan yang ditemukan; para partisipan memilih warna pakaian yang sama dengan warna merah dan biru, namun warna yang dipilih tergantung pada siapa yang mengenakan pakaian tersebut," kata Profesor Perrett. 


Editor: Aspian Nur

Mata jadi Penentu Warna Pakaian yang Cocok untuk Wanita

Selasa, 24/10/2023

(shutterstock)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.