Kamis, 24/03/2022

Yuk, Berwisata Religi Menjelang Ramadan

Kamis, 24/03/2022

Masjid Menara Kudus bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda menjelang Ramadan. (Foto: Kompas)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Yuk, Berwisata Religi Menjelang Ramadan

Kamis, 24/03/2022

logo

Masjid Menara Kudus bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda menjelang Ramadan. (Foto: Kompas)

KORANKALTIM.COM, JAKARTA - Ramadan sebentar lagi. Merayakan momen ini, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata religi menjelang yang biasanya ramai dikunjungi menjelang bulan puasa.

Sekaligus liburan sebelum Ramadan tiba. Serta mengenal jejak perjalanan para Wali Songo, berkat perjuangannya berdakwah dan menegakkan Islam di Indonesia.

Dilansir dari okezone.com, berikut ini lima destinasi wisata religi di Indonesia yang bisa Anda kunjungi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

1. Masjid Sunan Ampel, Surabaya
Masjid Agung Ampel merupakan sebuah masjid kuno yang terletak di Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan pada 1421 oleh Sunan Ampel yang di dekatnya terdapat Kompleks Pemakaman Sunan Ampel.

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini, khususnya berziarah ke makam Sunan Ampel. Selain itu mengenal lebih dekat peninggalan-peninggalannya dulu, khususnya masjid yang dibangun oleh salah satu wali tersebut.

2. Masjid Baiturrahman, Aceh
Selanjutnya adalah Masjid Baiturrahman di Banda Aceh. Masjid ini didirikan oleh Sultan Alauddin Mahmud Syah I pada tahun 1292 M. Bahan bangunan yang pertama terdiri dari kayu dan menggunakan atap dari rumbia.

Kemudian model Masjid Baiturrahman mencerminkan arsitektur Eropa dan Islam. Kubah masjid hanya satu sampai awal tahun 1935. Setelahnya masjid diperluas sehingga menambah dua kubah lagi. Kubah masjid bertambah menjadi 5 pada tahun 1957 setelah masjid diperbesar lagi.

Masyarakat Aceh menggunakan masjid ini sebagai tempat ibadah dan syiar Islam. Pada tragedi Tsunami pada 26 Desember 2004, Masjid Baiturrahman merupakan bangunan yang selamat, sementara bangunan disekitarnya rata dengan tanah. Bahkan keajaiban lainnya yaitu, ketika air laut yang ganas malah menyusut saat melewati masjid satu ini.

3. Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon
Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon merupakan salah satu wisata religi, di mana para wisatawan datang untuk berziarah ke tempat ini.

Sunan Gunung Jati merupakan salah satu sosok dari Wali Songo, memiliki peran besar dalam persebaran Islam di tanah Jawa. Tak, heran jika hingga saat ini Makam Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah hingga sekarang masih sering dikunjungi peziarah. Termasuk pada hari Isra Mikraj.

Menariknya, makam Sunan Gunung Jati ini cukup unik, karena dirancang dengan perpaduan arsitektur bergaya Arab, Jawa, dan China.

4. Masjid Sultan Ternate, Maluku
Wisata religi selanjutnya adalah Masjid Sultan Ternate yang berlokasi di Ternate, Maluku. Masjid ini juga menjadi saksi hidup kejayaan Kesultanan Islam pertama di wilayah timur Indonesia.

Tradisi atau ritual keagamaan yang diselenggarakan kesultanan, termasuk peringatan Isra Mikraj, selalu berpusat di masjid ini. Kemudian bangunan masjid ini terbuat dari susunan batu, bahan perekatnya dari campuran kulit kayu pohon kalumpang.

5. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah
Saat Isra Mikraj Anda juga bisa mengunjungi Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah, sebagai destinasi wisata religi. Mengenal jejak dan sejarah Islam Indonesia yang disebarkan oleh para Wali Songo.

Masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 Masehi (956 Hijriah). keunikan dari masjid ini karena memiliki menara yang serupa bangunan candi serta pola arsitektur yang memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddhis sehingga menunjukkan terjadinya proses akulturasi dalam pengislaman Jawa.

Sumber: Okezone.com

Yuk, Berwisata Religi Menjelang Ramadan

Kamis, 24/03/2022

Masjid Menara Kudus bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda menjelang Ramadan. (Foto: Kompas)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.