Selasa, 24/05/2022

Biota Laut Balikpapan Berpotensi Menjadi Wisata Bahari

Selasa, 24/05/2022

Kawasan Pantai Seraya Balikpapan. (Foto: Yudi Hadi/Korankaltim.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Biota Laut Balikpapan Berpotensi Menjadi Wisata Bahari

Selasa, 24/05/2022

logo

Kawasan Pantai Seraya Balikpapan. (Foto: Yudi Hadi/Korankaltim.com)

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN - Ekosistem dan biota laut di perairan Balikpapan memiliki potensi daya tarik tersendiri. Kendati demikian, perlu terus dilakukan peningkatan pelestarian kawasan pesisir agar tetap terjaga.

Perhatian masyarakat sekitar juga menjadi garda terdepan untuk menjaga kelestarian melalui konservasi yang masif dilakukan. Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) Pontianak, Andry I. Sukmoputro menjelaskan kawasan perairan Balikpapan juga menjadi lokasi ekosistem penyu, selain itu mamalia laut seperti hiu paus hingga lumba-lumba juga kerap melintas di perairan Balikpapan.

"Tentunya dalam kegiatan ini kami juga bisa lebih power full melakukan perlindungan dan pelestarian terkait dengan kawasan ekosistem. Saya lihat informasinya juga ada penyu, ada lumba-lumba, ada hiu paus dan sebagainya. Ini tanda bahwa ekosistem di sini masih terjaga dengan baik," paparnya saat melakukan peninjauan lapangan di kawasan Pantai Seraya Balikpapan Selatan bersama Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Pokmaswas Mina Sari Balikpapan, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, potensi laut di perairan Balikpapan layak menjadi destinasi wisata yang dapat dikembangkan. Terlebih Balikpapan sebagai kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) sehingga dapat mendongkrak kunjungan masyarakat luar. "Sehingga menurut saya bagus sekali dijadikan pariwisata bahari,"sebutnya.

Bukan hanya itu, terumbu karang juga menghampar di perairan ini. Spot terumbu karang dapat dilihat dengan baik tentu menyesuaikan dengan kondisi cuaca. "Potensi itu ada di beberapa lokasi, sekarang bagaimana kita jaga dan merawat. Jika dilihat aktivitas saya rasa potensi besar. Terumbu karang dari hasil diskusi memang masih ada daerah yang cukup bagus," tegasnya.

Selain itu, kawasan Pantai Seraya yang dikelola oleh KOMPAK Pokmaswas Mina Sari, Balikpapan Selatan juga dapat dijadikan transplantasi terumbu karang. Transplantasi terumbu karang merupakan salah satu upaya rehabilitasi terumbu karang melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru.

"Kami berupaya melakukan perbaikan ekosistem karang yang ada di sini dalam bentuk mungkin transplantasi karang tentu kita berharap nantinya mungkin menjadi lokasi centernya," katanya.

Oleh sebab itu, pemberian bantuan pemerintah kepada kelompok Pokmaswas Mina Sari, Balikpapan Selatan berupa barang penunjang konservasi ruang laut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekosistem biota laut. "Jadi kami berharap digunakan untuk mengumpulkan terumbu karang," tandasnya.

Penulis: */Yudi Hadi
Editor: Supiansyah

Biota Laut Balikpapan Berpotensi Menjadi Wisata Bahari

Selasa, 24/05/2022

Kawasan Pantai Seraya Balikpapan. (Foto: Yudi Hadi/Korankaltim.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.