Sabtu, 26/10/2019

Tempat Wisata di Mahulu yang Wajib Dikunjungi

Sabtu, 26/10/2019

Salah satu objek wisata alam di kabupaten Mahakam Ulu yakni batu dinding di tepi sungai mahakam. ( Foto: EKSPOSKaltim/Arsyad )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tempat Wisata di Mahulu yang Wajib Dikunjungi

Sabtu, 26/10/2019

logo

Salah satu objek wisata alam di kabupaten Mahakam Ulu yakni batu dinding di tepi sungai mahakam. ( Foto: EKSPOSKaltim/Arsyad )

TIDAK perlu jauh-jauh pergi ke luar daerah bahkan luar negeri untuk menyaksikan pemandangan tebing batu. Di tepi Sungai Mahakam, ada tebing batu alami nan megah tepatnya di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Di kabupaten termuda di Kaltim yang terbentuk pada 2012 tersebut merupakan kawasan perbatasan darat yang secara geostrategic merupakan gerbang wilayah Indonesia ke Serawak, Malaysia.

Bukan hanya tebing batu, ada beberapa tempat wisata yang ada di Mahulu yang wajib dikunjungi.


Air terjun Kohong

Air terjun atau jantur Kohong di Kampung Ujoh Bilang, Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, menjadi objek wisata favorit bagi warga melakukan wisata keluarga, karena lokasinya di ibu kota kabupaten dan jarak tempuhnya juga dekat. akni dengan mengendarai sepeda motor atau mobil hanya sekitar 30 menit dari Kantor Bupati Mahakam Ulu.


Air Terjun Jantur Kenheq

Air Terjun Keneheq di Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai, Mahakam Ulu selain besar juga jatuhnya air tersebut langsung ke Sungai Mahakam sehingga keadaan ini berbeda dengan air terjun di daerah lain yang tidak terjun ke badan sungai.


Sungai Mahakam

Sebagai Kabupaten paling bungsu di Kalimantan Timur, Mahakam Ulu ternyata menyimpan eksotika wisata. Salah satu obyek wisata alam yang menarik adalah menulusuri daerah penghuluan sungai Mahakam. disepanjang penghuluan sungai Mahakam kita dapat menyaksikan keindahan alam dan pepohonan kayu dan beberapa jenis anggrek alam.


Riam Panjang

Riam Panjang di Kecamatan Long Pahangai. Riam ini memiliki keindahan batu alam yang tentunya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Begitu pula budaya dan adat istiadat masyarakatnya, sangat pantas untuk ditawarkan kepada calon wisatawan.


Riam Udang

Warga masyarakat setempat termasuk bagi mereka yang berkunjung ke Kabupaten Mahakam Ulu seperti ke perkampungan yang ada di Kecamatan Long Pahangai dan Kecamatan Long Apari dipastikan mengandalkan angkutan sungai seperti speedboat, perahu motor Longboat atau katinting.

Nah, satu di antara hal yang paling dianggap membahyakan di wilayah perairan Sungai Mahakam ialah titik arum jeram Udang yang berada di kawasan Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. 

Bagi setiap orang yang ingin berkunjung ke Long Pahangai dan Long Apari, bisa dipastikan melewati Riam Udang, kondisi arus sungai yang sangat deras dan berbatu-batu ukuran besar serta cadas.

Bonus tambahan, anda akan menemukan air terjun mini dari anak sungai yang membelah celah-celah perbukitan pinggiran Riam Udang.


Air Terjun Kampung Nyerimbungan

Air Terjun yang disebut oleh masyarakat setempat dengan nama NYARIBUNGAN NAHA. Air terjun ini terletak di Kampung Nyaribungan Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu.


Air terjun cinta

Terletak di daerah sumalindo belakang Pamtas cuma jalan kaki 120 meter sampai dah Sungai ini bernama sungai cinta, Jantur nya pun di sebut jantur cinta, Air terjun cinta.. Bagus juga biar org sadar bahwa mencintai alam juga adalah sebagian dari pada iman.. Hehe

Sungai ini adalah pusat air bersih kampung sumalindo, batu sapi, dan batu majang Kecamatan Long Bagun, Kab. Mahakam Ulu


Goa Tengkorak

Situs Cagar Budaya Goa Tengkorak adalah Sebuah goa yang isinya tumpukan tengkorak dan tulang belulang manusia yang di simpan dalam peti mati (lungun). Goa ini terletak di kawasan hutan PT. Roda Mas Timber Kalimantan Kecamatan Long. Konon goa itu merupakan tempat penguburan orang-orang zaman dulu. Di kawasan ini kita dapat menjumpai panorama alam pepohonan hijau, bongkahan batu-batu besar yang indah serta aliran sungai yang tenang sembari melewati jembatan gantung sebagai sarana penghubung untuk mengakses goa tersebut.


Batu Dinding

Jadi, orang-orang yang baru pertama kali datang ke Mahulu itu bisa dikenali dari betapa sumringah dan hebohnya mereka ketika melewati batu dinding ini. Selain karena site ini menjadi ikon dari Mahulu, hal itu juga dikarenakan mereka baru kali itu melihat batu seperti dinding yang berada di pinggiran sungai.


Bukit Karst Long Apari

Bukit ini terletak di sebelah barat dari desa Tiong Ohang, kecamatan Long Apari. Bisa diakses dengan berjalan kaki, maupun naik ces. Ketinggiannya mungkin sekitar 100an meter. Dari sini kita bisa melihat liukan sungai Mahakam dan sedikit keindahan sungai Cihan. (suara1996.blogspot.com)


Tempat Wisata di Mahulu yang Wajib Dikunjungi

Sabtu, 26/10/2019

Salah satu objek wisata alam di kabupaten Mahakam Ulu yakni batu dinding di tepi sungai mahakam. ( Foto: EKSPOSKaltim/Arsyad )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.