Jumat, 15/11/2019

Kereta VS Bus, Mana Yang Lebih Baik?

Jumat, 15/11/2019

Ilustrasi moda transfortasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kereta VS Bus, Mana Yang Lebih Baik?

Jumat, 15/11/2019

logo

Ilustrasi moda transfortasi

Jogja menjadi salah satu tempat wisata dan kebudayaan yang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Belum lagi, untuk menuju ke Jogja bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari menggunakan pesawat, kereta dan bus. Dibandingkan menggunakan pesawat, mungkin memilih bus atau kereta menjadi pilihan terbaik untuk berhemat. Lagipula, harga tiket kereta ke Jogja dan bus ke Jogja juga sangat jauh dibandingkan pesawat. 

Mungkin beberapa orang menikmati naik kereta ke Jogja, beberapa lebih suka naik bus. Nah buat kamu yang ingin pergi ke Jogja, kamu tim mana nih, bus atau kereta? Berikut ini perbandingkan naik bus atau kereta ke Jogja.


Bosan macet, kereta pilihannya 


Macet menjadi hal yang cukup mengganggu perjalanan. Terlebih lagi kalau musim libur atau lebaran, macet di jalan tol bisa berjam – jam. Tentu hal ini akan mengganggu mood kamu selama perjalanan. Nah, buat kamu yang tidak ingin macet, mungkin kereta menjadi pilihannya. 

Pasalnya, kereta juga sudah memiliki jalurnya sendiri. Tak ada lagi macet di lampu merah yang ada pengendara lain menunggu di pintu perlintasan kereta api. Jikapun berhenti di stasiun transit juga tidak terlalu lama, hanya 5 sampai 10 menit saja

Kamu suka terlambat, mungkin bus cocok untuk kamu


Walaupun bebas macet, kereta ada mode transportasi yang selalu on time akan keberangkatan dan kedatangannya. Maka dari itu, buat kamu yang suka ngaret mungkin kereta buka pilihan terbaik kamu. Kalau sudah ketinggalan kereta, buyar sudah perjalanan kamu. 

Nah buat kamu yang memang suka ngaret mungkin bus menjadi mode transportasi terbaik. Pasalnya, jadwal keberangkatan bus juga fleksibel. Bahkan jika kamu sudah mengantongi tiket bakal ditungguin sampai kamu datang. Tapi jangan sampai kebangetan telatnya, agar tidak mengganggu penumpang lainnya. 


Bus bisa request tempat turun


Mungkin naik kereta kamu akan tepat waktu untuk sampai tujuan, tapi ya gitu kamu harus pergi ke stasiun dan turunnya juga harus di stasiun. Tapi berbeda dengan naik bus, di mana kamu bisa turun sesuai request. Jadinya mungkin kamu bisa turun dekat rumah, tidak perlu ke terminal. Tapi mungkin perjalanannya lebih lama dibandingkan kereta. 


Naik kereta harus beli tiket jauh – jauh hari


Nah, buat kamu yang travelling menggunakan kereta, wajib hukumnya untuk membeli tiket jauh – jauh hari. Pasalnya, mode transportasi ini selalu dipadati penumpang, jadi tiket bisa saja habis sewaktu – waktu. Oleh karena itu, kamu juga harus sudah tahu tanggal keberangkatan dan tanggal pulang. 

Tapi, buat kamu yang mungkin masih betah di Jogja, pulang menggunakan bus bisa menjadi pilihan. Jadi kamu berangkat naik kereta untuk menghindari macet, pulang menggunakan bus. Beli tiket bus juga bisa dilakukan dadakan. Selalu akan ada armada bus ke kota kamu tiap jamnya. Jadi tak perlu khawatir gak bisa pulang. 


Segala fasilitas sudah ada di kereta sekarang


Baik bus dan kereta sekarang memiliki fasilitas yang terbilang sudah cukup lengkap. Namun ada beberapa bus yang tidak memiliki toilet. Jadinya kalau kamu kebelet harus siap – siap menahan hingga pemberhentian bus. Begitu juga jika ingin beli makan. Nah beda dengan bus, segala fasilitas kereta sudah ada, mulai dari toilet hingga petugas yang menjajakan makanan. Jadi tak perlu turun dari kereta saat kebelet atau lapar. 


Kereta anti mabuk 


Inilah alasannya mengapa banyak orang memilih naik kereta. Pasalnya, memang jarang terjadi mabuk darat saat naik kereta dibandingkan naik bus. Goncangannya juga tidak terlalu berlebihan karena jalurnya yang mulus. Beda dengan bus yang mungkin akan melewati jalanan rusak sehingga buat kamu mabuk. Oleh karena itu, pastikan minum anti mabuk.

 

Beda pemandangan selama perjalanan 


Tentu saja, naik bus dan kereta akan mendapatkan pemandangan yang berbeda. Saat naik kereta kebanyakan pemandangan persawahan dengan latar pegunungan akan kamu jumpai. Sedangkan kalau naik bus, segala pemandangan ada, mulai dari persawahan, jalanan macet, para pengendara dan masih banyak lagi. Buat kamu yang bosan dengan pemandangan sawah, mungkin bus menjadi transportasi pilihan terbaik. 

Kereta VS Bus, Mana Yang Lebih Baik?

Jumat, 15/11/2019

Ilustrasi moda transfortasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.